Disni merupakan tempat kumpulan artikel yang akan membahas secara lengkap tentang berbagai tempat wisata pilihan yang ada di Indonesia sebagai refrensi anda berlibur bersama keluarga dan orang tercinta.

Tempat Wisata Pilihan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Tempat Wisata Pilihan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Tempat Wisata Pilihan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta| Selain bebagai pantai dan candi yang menjadi  ikon wisata di kota yogyakarta, terjadi di kota ini juga memiliki beberapa wisata alam yang menarik dan patut dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk.  Salah satu tempat wisata pilihan Yogyakarta ini terletak didaerah Dusun Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung kidul Yogyakarta.

Tempat Wisata Pilihan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan, karena air terjun ini konon katanya memiliki bentuk dan pemandangan yang hampir serupa dengan Grand Canyon Amerika serikat. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menimati keindahan air terjun jika di daerah Gunung kidul juga ada. Air terjun sri Gethuk berasal dari 3 sumber mata air yakni “kedung Poh”, “Ngandong” dan “Ngumbul”.

Air terjun sri gethuk merupakan aliran air terjun yang diapit oleh tebing dengan ketinggian 50 m. Akses menuju tempat wisata pilihan ini tidaklah susah, karena anda dapat menmpuh jalur perjalanan Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Pertigaan Gading-Pleyen dan kemudian menuju ke Bleberan.  Setelah melewati jalur mobil, kemudian wisatawan yang datang ke tempat ini juga harus berjalan kaki melewati jalan setapak pematang sawah sejauh kurang lebih 450 m lalu menuruni anak tangga sekitar 96 anak tangga.

Nama air Terjun sri Gethuk Sendiri berasal dari semacam bunyi dari alat musik Gamelan Ketuk atau semacam gong kecil dan juga Slompret atau semacam terompet yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai gamelan penunggu gaib dari air terjun ini. Namun bunyi dari kedua alat musik ini hanya ada diwaktu-waktu tertentu saja. Air terjun ini memiliki keindahan tersendiri karena terdiri dari tiga air terjun utama yang cukup besar serta beberapa air terjun kecil disekitarnya. Disekitar aii terjun sri gethuk banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang menambah keindahan pesona alam tempat wisata pilihan Yogyakarta ini.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pilihan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

  • Rp 3.000/orang
  • Rp 5.000/ untuk sewa perahu Gethek
  • Rp 2.000/ untuk sewa ban berenang

Jika anda sedang berada dikawasan kota Yogyakarta maka tidak ada salahnya jika anda singgah di tempat wisata ini untuk menikmati indahnya air terjun dan panorama alam yang akan membuat otak anda rileks, dengan harga murah maka anda akan menikmati nuasa air terjun seperti berada di Amerika Serikat.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10:10 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment