Disni merupakan tempat kumpulan artikel yang akan membahas secara lengkap tentang berbagai tempat wisata pilihan yang ada di Indonesia sebagai refrensi anda berlibur bersama keluarga dan orang tercinta.

Tempat Wisata Pilihan Goa Gajah Bali

Tempat Wisata Pilihan Goa Gajah Bali

Tempat Wisata Pilihan Goa Gajah Bali| Goa gajah adalah sebuah gua buatan yang berfungsi seperti temapt ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedugul Kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar Bali. Apakah anda tahu bahwa Goa Gajah ini telah tercatat di UNESCO sebagai warisan dunia. Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata pilihan ini, maka anda perlu menempuh sekitar 27 Km dari Ibu kota Denpasar.

Goa Gajah sendiri dibangun pada abad ke-11Masehi pada masa Sri Astasura Ratna Bumi Banten. Pada awalnya Goa ini memiliki fungsi sebagai tempat pertapaan dnegan ditandai dengan adanya Ceruk-ceruk di dalam Goa Gajah ini. Penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda bernama LC Heyting pada tahun 1923 yang menemukan Arca Ganesha. Kompleks dari Goa Gajah ini terdiri dari 2 bagian utama yakni kompleks bagian utara yang merupakan warisan ajaran Siwa, kompleks sebelah selatan adalah area Tukad Pangkung berupa stupa Budha yang tersusun atas 13 stupa dan stupa bercabang 3 yang dipahat di batu besar.

Tempat Wisata Pilihan Goa Gajah BaliTempat wiasata pilihan Goa Gajah ini merupakan Pura dilingkupi oleh persawahan dengan keindahan ngarai sungai petanu. Kompleks Goa dan tempat pemandian berada di sebelah barat sungai Petanu. Kolam pemandian yang tedapat di Goa gajah ini merupakan aliran dari sungai Petanu sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini selalu menyempatkan diri untuk berenang menikmati segarnya air di Goa Gajah. Setelah memasuki Goa terdapat lowongan bercabang dua yang menyerupai huruf “T”. Lorong yang membentang dari timur ke barat ini berukuran panjang 13,5 meter, lebar 2,75 meter dan tinggi 2 meter. Sewaktu dilakukan pembersihan tanah dan akar dibagian barat goa, ternyata telah ditemukan dua buah pecahan batu yang merupakan bagian atas kepala raksasa diatas lubang goa dan pecahan yang kedua adalah bagian berukir dari tembok sebelah timur. Selain itu juga pernah ditemukan sebuah pedang dari batu padas yang merupakan bagian dari arca raksasa didepan Goa Gajah ini. Jika anda sedang berada didesa bedugul, maka tidak ada salahnya jika anda menyempatkan unutuk singgah di Goa Gajah ini.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pilihan Goa Gajah Bali :

  • Rp 15.000/orang.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 3:40 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment